Wednesday, June 27, 2012

BAGAIMANA MEMBENAHI HUKUM EKONOMI DI INDONESIA




            Bagaimana membenahi hukum di indonesia? Pertanyaan yang sulit sebenarnya, namun mari coba kita telusuri tentang hukum yang telah ada di negara kita ini. Pertama-tama ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari hukum ekonomi di indonesia. Hukum adalah  suatu kata yang memiliki makna tentang sekumpulan peraturan yang berisi perintah atau larangan yang dibuat oleh pihak yang berwenang sehingga dapat dipaksakan pemberlakuannya berfungsi untuk mengatur masyarakat demi terciptanya ketertiban disertai dengan sanksi bagi pelanggarnya. Jadi hukum ekonomi adalah suatu hukum yang dibuat oleh pemerintah berbentuk tentang sekumpulan peraturan yang berisi perintah atau larangan tentang kegiatan ekonomi yang ada pada negara tersebut.  
            Jika kita lihat secara kasat mata hukum ekonomi diIndonesia ini sudah lebih baik, pemerintah selalu saja mengeluarkan ide-ide yang bertujuan untuk membangun pertumbuhan ekonomi pada negara ini. Dan upaya yang dikeluarkan smua itu selalu mendapatkan respon dari rakyat kalangan bawah, yang kadang memberikan harapan atau pun memberikan suatu tindakan yang lain dari kalangan bawah.
            Tetapi jika ditelusuri lebih jauh lagi kedalam suatu pemerintah yang mengatur tentang perekonomian di indonesia, bisa dibilang hukumnya belum berfungsi dengan baik. Semuanya yang janji dan kata-kata yang dilontarkan oleh pemerintah memang selalu baik dan benar, tetapi kadang banyak pihak yang merasa tak adil terutama rakyat kecil. Kadang pemerintah hanya mementingkan kemajuan negaranya, tanpa memikirkan rakyat kalangan bawah mereka. Bisa ambil contoh tentang rencana kenaikan BBM(Bahan Bakar Minyak) waktu itu bila dilihat dari sisi pemerintahan negara dan kemajuan bagi negara kita memang sangat baik, tetapi apakah mereka tidak berfikir apa jadinya rakyat kecil nanti? Memang rakyat kecil tidak punya kendaraan yang akan diisi dengan BBM, tetapi sadarkah bahwa dengan adanya kenaikan BBM pasti berdampak kenaikan harga pada smua barang terutama bahan-bahan pokok yang diperlukan.
            Maka itu saat ada isu kenaikan BBM itu, banyak sekali pihak yang menentang dan berusaha untuk membuat pemerintah tidak jadi menaikan harga BBM tersebut. Sebenarnya dalam kasus ini tidak ada yang perlu disalahkan, karena setiap sisi yang mempertahankan keputusannya pati memiliki alasan tersendiri. Bagi pemerintah mau menaikkan BBM karena memang diharuskan untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia menjadi lebih maju lagi dan bagi rakyat kalangan bawah mereka memilih untuk berupaya agar BBM tidak naik karena itu adalah masalah tentang hidup mereka kedepannya.
            Bila diusut lagi kenapa indonesia harus menaikan BBM demi perekonomiannya ini kembali lagi pada pemerintah dalam yang mengurusinya. Yang dipertanyakan kemanakah uang yang ada dinegara kita? Sehingga harus menaikan BBM dan membuat rakyat kecil merasa gelisah. Bisa dibilang ini masuk kedalam kasusu korupsi, yah yang saya tahu dari kasus-kasus nya memang begitu dari pemerintahan yang sebelumnya dan sebelumnya dan kinipun berkelanjutan. Tetapi itulah fungsi hukumnya lagi-lagi tidak jalan, selalu saja gempar diawal-awal lalu hilang ditengah bagai ditelan bumi. Jika ditilik kembali ambil contoh seorang kalangan bawah mencuri untuk mnutupi kebutuhan ekonominya, hukumnya langsung jalan sampai tuntas, coba jika kasus korupsi sampai sekarang apakah kasusnya telah terbongkar atau malah hilang begitu saja? Nah itu dia, sepertinya dinegara kita sudah sangat sulit perekonomiannya, jika memang belum ada yang berani untuk benar-benar mengusutnya secara tuntas sepertinya kasusnya tak akan selesai-selesai.
            Bila dibilang bagaimana cara membenahinya ? banyak cara menuju roma kalau kata pepatah, begitu juga sebenarnya tentang kasus ini banyak cara sebenarnya untuk membenahinya dan sudah banyak yang mencoba untuk memperbaikinya tetapi ya itu dia, tiba-tiba hilang dan hasilnya nihil. Karena yang mereka tahu kasus ini sudah sangatlah rumit dan bila memang cara itu mereka pakai pasti konsekuensinya itu sangat besar bagi negara kita ini. Tetapi jika tidak diselesaikan pun lama-kelamaan konsekuensi yang ditakutkan itu akan terjadi, karena ketidakmampuan negara kita untuk menanggungnya lagi.
            Membenahinya dengan cara menghentikan segala kemiringan yang ada pada perekonomian negara kita. Kemiringan yang terjadi karena korupsi ini harus dengan cepat diusut, walaupun konsekuensinya besar tetapi harus benar-benar terselesaikan. Bagi pihak berwajib yang menjalan semua peraturan serta hukum yang ada di negara ini sebaiknya menjalankannya sesuai dengan peraturannya. Jika memang terbukti bersalah seharusnya langsung diberikan sanksi dan tidak dapat membedakannya dengan yang lain. Jika suatu orang telah dinyatakan terbukti bersalah ya mereka seharusnya mendapat sanksi, karena dalam hukum mau dia orang kalangan atas ataupun kalangan bawah jika mereka berada dalam posisi yang sama yaitu bersalah mereka itu sama dan tidak dapat dibanding-bandingkan.  
            Jadi untuk membenahi semua permasalahan hukum ekonomi di Indonesia ini adalah kembali lagi pada diri mereka masing-masing sebagai pemerintah. Karena secara tertulis pun hukum di Indonesia sudah menjadi hukum yang baik, tinggal bagaimana saja pihak yang menjalankannya. Jika pihak yang menjalankannya sesuai denga hukum yang tertulis pastilah hukum dinegara kita ini menjadi sangat baik. 

No comments:

Post a Comment