Tuesday, March 29, 2011

Mata Pencaharian Masyarakat Indonesia sekarang !


Negaraa Indonesia..Negara kita tercintaa..
Yang dihiasi dengan segala sumber daya alam-nya yang sangat melimpah, dan membuat semua orang dari negara lain takjub dengan keindahan negara kita ini. Keindahan negara kita dengan hasil-hasil bumi yang ada di dalam negara kita ini membuat masyarakatnya lebih mudah mencari profesi atau mata pencaharian.




Di desa,, di tempat yang masih sejuk, dan masih jarang di temukan udara kotor seperti dikota. Disana kebanyakan masyarakatnya memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan memiliki profesi sebagai petani, nelayan, atau pun hal lainnya yang berhubungan dengan sumber daya alam yang ada. Seorang petani yang biasanya penghasilannya tidak seberapa, tetapi mereka sangat beruntung karena merekalah yang membuat kita yang berada dikota dapat menikmati hasil kekayaan negara kita. Jasa petani yang sangat penting dalam kehidupan ini, dengan adanya mereka kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. Coba bayangkan jika petani mendapat rugi karena hasil panennya, maka kita pun merasakan dampaknya yaitu segala sesuatunya menjadi murah, tetapi kadang kenaikan harganya itu tidak sebanding dengan kerugian yang di alami para petani. Begitu pun dengan para nelayan, mereka juga membantu kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Dan begitu pun sebaliknya jika mereka tidak dapat melaut untuk mencari ikan, kita juga tidak bisa merasakan ikan tangkapan hasil negara kita dan mereka pun sebagai nelayan bingung untuk beralih profesi. kesimpulannya : Biasanya masyarakat kita yang berada di daerah pedesaan menjadikan segala sesuatu yang ada di sekitar mereka seperti sumber daya alam menjadi mata pencaharian mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka, misalnya seperti yang tadi, petani dan nelayan.



Dikota,, ditempat yang berisikan gedung-gedung tinggi, perusahaan, dan usaha-usaha dari yang terbesar hingga yang paling kecil. Kebanyakan mata pencaharian di kota ini tidak tetap malah infonya kebanyakan masyarakatnya yang pengangguran, dibandingkan bekerja  pada saat ini. Di kota untuk mendapatkan pekerjaan yang enak, dan nyaman kita harus berbekal ilmu yang cukup tinggi karena kebanyakan yang mendirikan perusahaan disini membutuhkan seseorang yang benar-benar terjamin kualitasnya. Sedangkan yang mempunyai ilmu hanya sedikit dan berkecukupan hanya bisa mengambil profesi yang hasilnya hanya cukup untuk kebutuhan mereka sehari-hari saja. Atau jika ada yang bisa mengambil tindakan sendiri kebanyakan membuka usaha kecil-kecilan yang diharapkan nantinya seiring waktu dapat berkembang. Dikarenakan, pengetahuan tentang kota yang diketahui dari orang desa hanya sedikit maka sebagian dari mereka melakukan transmigrasi ke kota dengan niat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa merubah kehidupan mereka. Tetapi setibanya mereka dikota, mereka baru tahu bagaimana sulitnya seseorang mendapatkan mata pencaharian di kota. Pastinya mereka kecewa, karena meninggalkan mata pencaharian tetapnya didesa dulu.  kesimpulannya : di kota ini, susah untuk mendapatkan mata pencaharian tetap dan nyaman tanpa berbekalkan keahlian serta ilmu yang cukup, jika tidak memiliki itu paling kita hanya bisa menjadi seorang pekerja keras, seorang yang membuka usaha kecil-kecilan atau pun hanya bisa menjadi pengangguran.



Nama   : Rotua LiLis
Kelas   : 1 EB 04
NPM   : 26210257
Tugas   : Tugas 3 Perekonomian Indonesia (Tulisan)

No comments:

Post a Comment