Tuesday, March 29, 2011

Kekayaan Alam dan Kemakmuran Negara Indonesia


Negara Indonesia..
Negara Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan di negara kita ini yang patut di banggakan adalah kekayaan alamnya. Berbagai kekayaan alam yang ada dinegara kita ini membuat iri negara-negara luar lainnya, hingga sewaktu zaman dulu negara kita ini menjadi salah satu negara yang diincar harta kekayaan alamnya oleh negara-negara lain.
Dulu kala kita dijajah oleh negara luar karena, mereka semua mengetahui bahwa negara kita ini memiliki harta kekayaan yang sangat melimpah. Sehingga membuat mereka iri, dan berusaha merebut semua yang ada dinegara kita ini. Tanaman-tanaman, tumbuh-tumbuhan, serta hasil pertanian yang dihasilkan dari negara kita ini sangat baik, apalagi didukung dengan tanah yang ada dinegara kita ini sangat subur.
Semua hasil pertanian kita pada saat ini, sudah bisa di bilang cukup baik bahkan Indonesia pun adalah negara yang terkenal dengan hasil pertanianya.  Saya akan mengungkap sedikit tentang hasil pertanian dari negara kita ini :


1. Alpukat
Tahukah anda??
Ternyata buah alpukat itu juga ada yang hasil dari indonesia,, dan biasanya banyak terdapat di daerah kalimantan Timur, sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat.


2. Bawang
Tahukah anda??
Bahwa bawang yang biasa digunakan untuk memasak oleh para ibu, itu juga ada yang dari negara kita sendiri, biasanya juga terdapat di kalimantan barat dan kalimantan selatan.

3. Cengkeh

Tahukah anda??
Wah..... ternyata rempah-rempah yang satu ini, yaitu cengkeh. Banyak juga loh daerah yang menghasilkan cengkeh di negara kita. Misalnya : jambi, jawa barat, jawa tengah, jawa timur, kalimantan tengah, kalimantan Timur, maluku, NTT Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, DI Yogyakarta.

4. Cokelat
Tahukah anda??
Cokelat,, wah kalau denger nama coklat sepertinya hampir semua orang menyukainya..
Dan info-nya ternyata cokelat juga banyak terdapat di negara kita sendiri (Indonesia) misalnya di daerah jawa barat, jawa timur, kalimantan timur, Lampung, Maluku, NTT, Papua, sulawesi Tenggara, sulawesi Utara, sumatra Utara, dan DI Yogyakarta. Tapi penghasil cokelat yang utama di negara kita ini adalah di daerah salatiga (jawa tengah), biasanya masyarakatnya menggunakannya sebagai bahan minuman.

      Nah itu dia sekilas informasi untuk hasil pertanian di negara kita. Tetapi itu baru sedikit saja, karena masih banyak hasil pertanian negara kita yang lainnya. Semua hasil dari negara kita itu terkenal di negara-negara lain bahkan hal ini lah yang menyebabkan negara kita dikatakan negara yang makmur. Kemakmuran negara kita menjadi seperti ini karena semua kekayaan alam yang kita miliki, serta cara kita sebagai warga negaranya yang menjaga, melestarikan, serta mengelolanya seperti sedemikian rupa. Sehingga kita tidak hanya menghasilkan kekayaan alam kita dengan langsung(asli)nya saja, tetapi kadang diolah dengan sedemikian rupa, dan kadang juga ada barang yang kita impor ke negara lain, sehingga hasil kita diketahui oleh negara lain.
Maka itu karena hasilnya yang melimpah-limpah itu seharusnya kita sebagai warga negaranya menjadi bangga dan ikut ambil bagian dalam mengolah, menjaga, serta melestarikan hasil alam dari negara kita.


Nama   : Rotua LiLis
Kelas    : 1EB04
NPM    : 26210257
Tugas    : Tugas 3 Perekonomian Indonesia  (Tulisan)

No comments:

Post a Comment