Friday, October 28, 2011

Tujuan dan Nilai Koperasi

Koperasi merupakan suatu badan usaha yang didirikan untuk kepentingan bersama. Koperasi ini didirikan pasti dengan suatu tujuan yang pasti, salah satu tujuan utama koperasi di indonesia adalah untuk mengembangkan kesejahteraan para anggota, dan masyarakat umum. Koperasi juga bukanlah sarana untuk mencari keuntungan tersendiri melainkan untuk membantu para anggota serta masyarakat umum yang kesulitan menjalankan kebutuhan ekonomi. Koperasi ini juga kadang menjadi sarana simpan-pinjam, tetapi bukan untuk memperoleh laba yang besar melainkan untuk dimanfaatkan oleh kepentingan bersama.
Adapun tujuan koperasi misalnya :
1.     Memaksimalkan keuntungan (maximize profit)
Kegiatan koperasi yang berada dalam tujuan ini adalah kegiatan koperasi yang dilakukan benar-benar untuk mencapai keuntungan maksimal dalam usaha ini.
2.     Memaksimalkan nilai perusahaan (maximize the value of the firm)
Kegiatan koperasi yang berada dalam tujuan ini adalah kegiatan koperasi yang dilakukan sebagian besar untuk memajukan nama serta kualitas dan nilai dari perusahaan ini saja.
3.     Meminimumkan biaya (minimize cost)
Kegiatan koperasi  yang berada dalam tujuan ini adalah kegiatan koperasi yang dilakukan dengan benar-benar sangat hemat serta tidak mengeluarkan banyak biaya, tetapi bisa mendapatkan laba yang besar, tujuan ini hampir sama dengan tujuan yang pertama (maximize profit).

          Tetapi tujuan koperasi indonesia  yang sesungguhnya tertulis menurut UU No. 25 Tahun 1992 pasal 3 adalah :
          Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan pancasila dan UUD 1945.
Jadi berbanding terbalik pada 3 tujuan yang diatas tadi, yang sesungguhnya dan yang sebenarnya koperasi didirikan untuk memajukan kesejahteraan bersama, dan bukanlah untuk mencari laba sebesar-besarnya tetapi melainkan untuk saling membantu masyarakat serta anggota yang merasa sulit untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. J

No comments:

Post a Comment