Saturday, October 1, 2011

Konsep-Konsep Koperasi


Koperasi adalah Suatu usaha yang dilakukan bersama secara gotong royong, saling tolong-menolong dengan semangat bersama, dan yang nantinya bisa membantu kehidupan ekonomi untuk bersama bisa menjadi lebih baik lagi. Koperasi mempunyai 3 Konsep yaitu :
1.       Konsep Koperasi Barat 
Konsep Koperasi Barat ini merupakan suatu organisasi yang dibentuk secara sukarela untuk kepentingan bersama dengan maksud supaya dapat membantu mengurusi kepentingan para anggotanya, dan yang nantinya akan mendapatkan hasil timbal balik satu sama lain (saling menguntungkan).

2.      Konsep Koperasi Sosialis 
Konsep Sosialis ini merupakan suatu organisasi yang direncanakan atau diatur oleh pemerintah yang dibentuk untuk merasionalkan produksi dan untuk menunjang perencanaan Nasional. Dalam konsep ini menyatakan bahwa koperasi itu tidak dapat berdiri sendiri atau tidak dapat didirikan oleh sembarang orang, tetapi harus didirikan sesuai peraturan yang merupakan merupakan subsistem dari system sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan system sosialis komunis.

3.       Konsep Koperasi Negara Berkembang
Konsep Koperasi Negara Berkembang ini merupakan suatu organisasi yang sudah berkembang dengan campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya dalam mencapai tujuan tertentu. Tujuan konsep ini adalah untuk dapat meningkatkan kondisi social anggotanya sedangkan tujuan dari konsep social adalah untuk dapat merasionalkan faktor produksi dari kepemilikan pribadi hingga sampai ke kepemilikan kolektif.  


Nama : Rotua LiLis
Kelas : 2EB07
NPM  : 26210257
UNIVERSITAS GUNADARMA

No comments:

Post a Comment