Friday, January 17, 2014

Jika Aku menjadi Akuntan Publik (Public Accountant)


Jika aku menjadi seorang Akuntan Publik (Public Accountant), maka aku akan menjalankan tugasku dengan sebaik mungkin. Akuntan Publik merupakan suatu akuntan yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik diIndonesia dengan ketentuan yang telah berlaku.
Menjadi seorang Akuntan Publik merupakan suatu pekerjaan dengan bobot kepercayaan yang besar dari klien. Karena tugas dari seorang akuntan publik itu sendiri merupakan melakukan pemeriksaan atau pengauditan terhadap keuangan dalam suatu perusahaan maupun terhadap jasa perpajakan dan penyusunan sistem manajemen yang ada. Jika aku menjadi akuntan publik, maka aku akan berusaha untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan dengan bekerja dengan sebaik mungkin.
Menjadi seorang akuntan publik merupakan tugas yang memiliki resiko karena banyak sekali pengaruh yang datang saat kita menjalankannya. Banyak pengaruh positif yang muncul tetapi juga banyak pengaruh yang negatif yang bisa membuat kita berada dalam titik bahaya. Maka untuk menjadi seorang akuntan publik diperlukan banyak sekali pengetahuan tentang akuntansi beserta masalah keuangannya dan sistem manajemen perusahaan yang akan diperiksa, dan yang tidak kalah penting adalah pengetahuan etika dalam menjalankan tugas sebagai akuntan publik tersebut.
Demi keamanan dan kebaikan maka seorang akuntan publik harus mengerti dan paham tentang etika dalam menjalankan profesi tersebut. Karena dengan adanya etika profesi akan membuat kita menjadi lebih bisa hati-hati dalam menjalankan tugas. Etika profesi merupakan suatu prinsip moral yang mengatur hubungan antara sesama rekan akuntan dengan para pelanggannya serta hubungan antara sesama rekan dengan masyarakat. Jika saya menjadi akuntan publik maka saya akan benar-benar mempelajari tentang etika profesi yang ada dalam menjalankan tugas saya nanti.
Jika menjadi akuntan publik saya akan mematuhi prisip dasar etika profesi yang ada diantaranya seperti prinsip integritas. Prisip integritas merupakan prinsip dimana seorang akuntan publik harus menjalankan tugasnya dengan tegas dan jujur dalam menjalin hubungan profesional dan bisnis yang sedang dijalankan. Prinsip integritas memang terlihat mudah,tetapi dengan profesi yang sedang dijalankan itu akan terlihat sulit, dimana bersikap tegas dan jujur itu terasa sulit saat banyak pengaruh-pengaruh yang datang.
Jika saya menjadi akuntan publik saya akan bekerja dengan benar-benar hati-hati dan memperhatikan keadaan sekitar tanpa terpengaruh dari pihak-pihak yang membawa pengaruh negatif. Karena dizaman yang telah berkembang dan modern ini membuat pihak-pihak tersebut dapat melakukan apa saja demi kepentingan pribadi dari mereka. Didalam situasi tersebut adalah tugas akuntan publik untuk dapat tegas dan tetap berpegang pada prinsip dan aturan yang ada.
Jika saya menjadi akuntan publik saya maka saya akan menjalankan tugas saya dengan sikap kecermatan dan kehati-hatian profesional dengan memelihara pengetahuan dan keahlian profesional yang terletak pada suatu tingkatan yang telah dipersyaratkan. Sehingga klien saya dapat menerima jasa yang telah saya berikan secara profesional dan kompeten berdasarkan perkembangan  dalam praktek, perundang-undangan dan metode pelaksanaan kerja. Tidak hanya itu saya juga akan menjaga kerahasiaan informasi klien dan tidak akan mengungkapkannya kepada pihak mana pun tanpa persetujuan dari klien.
Jika saya menjadi akuntan publik saya akan terus mempelajari kasus-kasus yang terjadi, guna tindakan lebih lanjut dari kasus yang telah terjadi. Dan kini karena saya masih dalam proses pembelajaran maka saya akan berusaha mencoba belajar sedikit demi sedikit tentang kedisiplinan guna bekal dimasa depan.

No comments:

Post a Comment